26 Maret 2010

Memonitor proses aplikasi yang sedang running di Mac OS

Salah satu penyebab kenapa Mac OS terasa lambat karena ada proses dari aplikasi yang masih jalan di belakang aktivitas mac os. Proses aplikasi induk adalah proses yang sedang berjalan dan aplikasinya sedang kita pakai, dan ada juga aplikasi anak yaitu jika proses induk sudah kita matikan tapi ternyata masih meninggalkan proses padahal aplikasi sudah kita tutup.

Melihat proses aplikasi yang langsung running saat boot/menghidupkan mac

Kadang kita tidak memerlukan suatu aplikasi langsung running saat kita boot/menghidupkan mac sebab memang akan menambah beban saat boot loading. Lebih baik kita menonaktifkan aplikasi yang tidak penting saat boot.
Photobucket

Caranya adalah : masuk lah ke System Preferences > Accounts > Login

Bukalah kunci agar kita dapat mengedit (menambah, mengurangi, atau menghapus) aplikasi yang akan running saat boot.

Pilih Account yang akan edit dan masuk ke ‘Login Items’, setelah itu kita dapat mengeditnya.

Melihat/memonitor Aktivitas proses aplikasi

Kita juga dapat menggunakan fasilitas Activity Monitor yang diberikan Mac OS untu melihat semua aktivitas proses aplikasi/service yang sedang berjalan.

Quit aplikasi secara langsung dengan cara ‘command – Q’, terkadang walau sudah quit program tetapi proses masih ada di activity monitor. Kita dapat me-klik Quit Proses yang berada di Activity Monitor.
Photobucket

Jika tidak dapat menutup/quit suatu aplikasi kita dapat menggunakan ‘Force Quit’ untuk memaksa aplikasi berhenti dengan menekan tombol ‘Command – Option – Escape’ secara bersamaan.

Photobucket

Kadang kala kita masih perlu menggunakan suatu aplikasi tetapi kita tidak ingin meng-quit nya. Kita dapat menghentikan sementara ‘pause’ dari suatu aplikasi sehingga beban dari mac kita semakin berkurang dan kita dapat mengaktifkan kembali aplikasinya. Ada aplikasi yang sangat membatu kita yaitu ‘PAUSER’ (google dan download) atau dapat dengan menggunakan teknik berikut :

Ketikan perintah : kill –CONT PID

PID adalah nomor ID dari proses aplikasi dan nomor itu dapat kita temui di monitor activity

Photobucket

Artikel Terkait :



1 komentar: