10 Februari 2010

Tanda uang kita sudah di-refund oleh seller di eBay.

Bagaimana proses uang kita bisa kembali dan masuk ke rekening paypal kita ?

Photobucket

Di artikel saya sebelumnya sudah diterangkan bahwa eBay mengeluarkan kebijakan untuk keamanan bertransaksi antara si pembeli dan si penjual. Terutama si penjual tidak akan berani macam-macam terhadap si pembeli apalagi menipunya.

Contohnya pengalaman saya saat membeli suatu barang di ebay, ternyata barang yang saya beli itu tidak sesuai dengan deskripsi yang seller pasang di iklan eBay. Karena tidak sesuai itulah saya langsung klaim ke si penjual.

Langkah kita dapat memenangkan dispute dari klaim si seller eBay :

  • Saat kita menerima barang tidak sesuai dengan deskripsi yang dipasang si penjual, cepat-cepat kita menghubungi si penjual melalui email atau melalui seller contact yang ada di ebay.
  • Jelaskan, kalau bisa kasih foto barang yg dia jual bahwa barangnya tidak sesuai/palsu/beda barang, dll
  • Mintalah solusinya seperti barang diganti atau uang kembali.. nanti si penjual akan menentukan apakah barang akan dikirim ulang dengan yang dia iklankan atau dia mengembalikan uang kita..
  • Jika komunikasi dengan seller tidak mendapatkan kata sepakat, kita harus mengadukan langsung ke ebay dan paypal.. dan jelaskan kepada ebay maka ebay akan menegur si penjual (dan kalau nakal ebay akan memberikan peringatan)
  • Jika berhasil.. uang kita akan kembali
  • Dan gambar di atas, yaitu gambar dolar ($) yang diberi tanda panah kembali.. itu menandakan bahwa si seller telah mengembalikan uang kita..

Artikel Terkait :



3 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Hallo.. setelah di refund oleh seller ebay, berapa lama yaa waktu yg dibutuhkan untuk dana itu kembali ke rekening kita.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Idem nih,. Apalagi kalo pembayaran pake VCN (debit card)

      Hapus