28 Oktober 2009

Bagaimana nasib iPhone 3G SU yang ter-lock di 3.1 / 3.1.2 ?

Artikel ini jadi tidak berguna... sebab jailbreak dan unlock utk iPhone SU baseband 05.11.07 sudah direlease... silahkan lihat artikel saya yg terbaru tentang blacksn0w dan blackra1n

Kita sudah tahu jika upgrade os/firmware iphone ke OS 3.1 atau ke 3.1.2 menggunakan sumber os dari apple langsung (original firmware) atau kita mengupgradenya melalui iTunes langsung maka untuk iPhone 3G SU akan ke lock dan sampai saat ini belum ada cara untuk me-unlock-nya.

Mengapa tidak bisa di-unlock?

Ini pertanyaan yang sering masuk ke saya. Jawabannya adalah ‘belum bisa’ karena kita masih menunggu dev-team menemukan solusi dan mengeluarkan toolnya.
Mengapa hanya untuk 3G SU saja yang tidak bisa di-unlock?
Iya, karena naiknya OS/firmware ke 3.1 atau ke 3.1.2 dibarengi dengan naiknya baseband ke 05.11.07 dan untuk versi baseband ini di iphone 3G SU cariernya tidak dapat diunlock untuk menerima carier operator yang berbeda. Jadi kita masih memerlukan baseband 04.x.x.

Bagaimana dengan iPhone 3G FU ?

Berbeda dengan yang iPhone factory unlock walau basebandnya naik ke 05.11.7 tapi cariernya tetap terunlock untuk menerima carier dari operator selular/GSM yang berbeda. Jadi untuk iPhone 3G FU itu aman untuk diupgrade ke 3.1 atau 3.1.2 tanpa harus takut terlock.

Apa itu baseband ?

Masih ada pertanyaan ke saya tentang pengertian baseband. Sebenernya baseband adalah internal component dari iphone yang menangani masalah voice, sms, mms, dan internet akses. Semua jaringan komunikasi di dalam iphone ada di baseband ini. Nah, di baseband ini ada carier yang membaca sinyal dari operator selular (telkomsel, xl, indosat, at&t, T-mobile, dan lain-lain). Sayangnya untuk iPhone 3G SU cariernya ini dikunci (lock) hanya menerima dari at&t saja. Agar dapat digunakan untuk operator lain maka ada istilah ‘unlocking’ iphone.

Apakah bisa iphone SU diupgrade ke OS/firmware 3.1 atau 3.1.2?

Bisa ! tapi menggunakan firmaware yang sudah dimodifikasi sehingga kenaikan firmwarenya tidak dibarengi naiknya baseband. Di postingan saya sebelumnya sudah diberikan os/firmware yang sudah dicustom.

Bagaimana yang sudah terlanjur naik ke 3.1 ?
Pada artikel nanti saya akan memberikan tips untuk yang terlanjur ke lock. Ya, siapa tau iphone 3G SU nya termasuk yang keluaran yang limited sehingga basebandnya masih bisa di downgrade.

Artikel Terkait :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar