05 Juli 2009

Pasar dadakan di Juanda Depok

Baru sempat nih nulis tentang pasar dadakan di Depok, sebenarnya udah lama pengen nulis tentang pasar dadakan ini tapi kurang sreg kalau gak disertai foto hehe. Pasar dadakan atau pasar kaget adalah pasar yang ada hanya pada hari tertentu atau pada moment tertentu saja. COntoh pasar dadakan (pasar kaget) di kota Depok :

Pasar kaget /dadakan di jalan Ir. Juanda ( jalan baru)

Kenapa lebih terkenal jalan baru ? Ya karena emang jalan ini memang baru, jalan yang menghubungkan (penghubung singkat) jalan Margonda Raya dengan jalan Raya Bogor ini tiap hari Minggu banyak orang yang berolah raga karena suasana jalan sangat segar, masih asri. Rame orang berolahraga ini menjadi peluang para pedagang untuk menjual dagangannya.
Saat ini, jalan baru bukan hanya sekedar tempat lari pagi (olah raga) tapi bisa untuk sambil cuci mata. Semua kebutuhan kita sehari2 ada disini, mulai dari makanan, perabot rumah tangga, pakaian, obat, perlengkapan kendaraan roda empat maupun roda dua, alat elektronik, tanaman hias, ikan hias, dan lain-lain ada disini....
Siapa aja bisa kok jualan disini, saya pernah tanya ke penjual biaya restribusinya cuma 3 ribu rupiah untuk ukuran semeter persegi dari lapak dan uang kebersihan. Katanya syaratnya cuma nyerahin foto copy KTP kita dapat berjualan disini. Untuk berjualan di dalam komplek perumahaan Pesona Depok dikenakan biaya restribusi 10 ribu rupiah untuk penyewaan tempat dan kebersihan.

Jangan salah, yang berjualan disini bukan hanya orang menengah ke bawah sebab saya lihat banya yang berjualan menggunakan mobil-mobil mewah. Jadi yang berjualan disini bukan hanya untuk mencari penghasilan tetap tapi berjualan hanya hobby untuk orang2 kaya..

Pasar kaget di Universitas Indonesia

Lingkungan kampus UI yang sangat luas dan asri banyak warga sekitar setiap hari minggu berolah raga disini, bahkan bukan hanya warga sekitar tapi dari warga yang dilewati jalur kereta listrik jabotabek (cilebut, citayam, bojong, lenteng agung, tanjung barang, dsk) berolah raga disini. Nah karena rame itu menjadi peluang berjualan disini. Para mahasiswa juga pada berjualan loh..

Pasar kaget di Majlis Az-zikra

Pengajian Ustadz M. Arifin Ilham di minggu ke dua setiap bulannya di Majlis Zikir Mampang, Limo, Depok ini mengundang para penjual mempromosikan barangnya disini. Jumlah jamaah Ustadz Arifin Ilham sampai ribuan itu menjadi peluang mendapat penghasilan tambahan. Selain berjualan kita juga dapat siraman rohani dari Ustadz yang sangat sejuk itu.

Pasar kaget di Kubah Emas

Siapa sih yang gak tau sama Mesjid Kubah Emas, Mesjid yang termewah di Indonesia ini setiap hari Jum'at dan Minggu banyak dikunjungi para jamaah bukan hanya dari dalam kota tapi dari luar kota dan dari provinsi lain, tiap harinya menyedot ribuan pengunjung yang penasaran dengan keindahan Mesjid ini. Puluhan bus, dan ratusan kendaraan tiap harinya masuk ke Mesjid ini. Pasar kaget/dadakan setiap hari jumat (saat orang jumaatan) dan hari minggu menjadi peluang yang menggiurkan..

Artikel Terkait :



2 komentar:

  1. Mbak, aku mau nanya tentang berjualan di pasar kaget juanda dong.
    itu mendaftar untuk berjualannya ke siapa ya?
    soal'a saya juga ingin coba memasarkan donut saya di sana.
    terimaksih.

    BalasHapus
  2. very informative post for me as I am always looking for new content that can help me and my knowledge grow better.

    BalasHapus