pasang iklan anda disini

Disini tempatnya Asesoris untuk iPhone 5. Klik!
pasang iklan disini !
advertise here !

01 Juli 2009

Pangkat di Polisi RI

Hei, tadi lihat di berita katanya Polisi Republik Indonesia (Polri) berulang tahun yang ke-63 ( 1 Juli 1946-2009). Ternyata udah lama juga ya, hampir seusia dengan kemerdekaan RI. Mudah-mudahan Polri dapat berubah dan benar-benar dapat mengayomi, melindungi dan menjadi pelayan masyarakat.

Kalau kita lihat acara-acara kriminal di tv sering banget kita melihat bapak polisi dengan pangkat yang berbeda. Gak tau, pusing dan bingung ? Jangan lagi deh... disini ada susunan pangkat polisi dari yang tertinggi sampai terendah.. :
  • Jenderal : Pangkat paling tinggi nih di polisi. Lambangnya bintang empat berwarna emas. Ya, jabatannya setingkat Kapolri (Kepala Kepolisian Republik Indonesia). Jenderal diangkat oleh presiden tapi sebelumnya diuji kelayakan oleh anggota DPR/MPR.
  • Komisaris Jenderal (Komjen) : Bintang tiga.
  • Inspektur Jenderal (Irjen) : Bintang dua. Biasanya pangkat ini adalah Kapolda (Kepala Kepolisian Daerah)
  • Brigadir Jenderal (Brigjen) : Bintang satu
  • Komisaris Besar Polisi (Kombes) : Pangkat ini mempunyai lambang melati tiga. Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) biasanya mempunyai pangkat ini atau setingkatnya
  • Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) : melati dua
  • Komisari Polisi (Kompol) : melati satu.
  • Ajun Komisaris Polisi (AKP) : Lambangnya adalah tiga balok emas. Dan jabatan untuk pangkat ini biasanya setingkat Kapolsek (Kepala kepolisian sektor).
  • Inspektur Satu (IPTU) : balok emas dua
  • Inspektur Dua (IPDA) : balok emas satu
  • Ajun Inspektur Satu (AIPTU) : Membunyai lambang balok tapi bergelombang. Balok bergelombangnya itu ada dua buah
  • Ajun Inspektur Dua (AIPDA) : balok bergelombang satu.
  • Brigadir Kepala (Bripka) : lambangnya seperti siku berjumlah empat
  • Brigadir : lambangnya seperti siku tapi berjumlah tiga
  • Brigadir Satu (Briptu) : siku dua
  • Brigadir Dua (Bripda) : siku satu

Artikel Terkait :



14 komentar:

  1. pak polisi....bapak lindungi indonesia dengan baik ya.....^_^

    BalasHapus
  2. @^ weleh-weleh siapa yang polisi.. saya bukan polisi pak... saya cuma ngasih pengetahuan tentang pangkat polisi... hehehe lucu jg deh situ..

    BalasHapus
  3. leh tau gk klo dikepolisian air.. yg udah 11 tahun tugas ntu jabatannya apa ya????

    BalasHapus
  4. tergantng masuknya dari mana mba yanti

    BalasHapus
  5. keren gan..

    BalasHapus
  6. itu kalau kita masuknya dari s1 tapi bukan jurusan AKABRI gmn, trus klo kita masuk dari lulusan SMA/SMK gmn, trus klo kita masuk dari jurusan AKABRI gmn juga !?! jabatannya pa aja, mohon pencerahannya ya !?!

    BalasHapus
  7. POLRI ayo jaga kedaulatan bangsa ini..bravo polri..kunjung balik ya...

    BalasHapus
  8. Sayang gaada keterangan gambarnya ya....

    BalasHapus
  9. jika ingin mempunyai pangkat yang lebih tinggi, di haruskan untuk melakukan pendidikan lagi atau bagaimana? terima kasih.

    BalasHapus
  10. jika ingin mempunyai pangkat yang lebih tinggi, di haruskan untuk melakukan pendidikan lagi atau bagaimana? terima kasih.

    BalasHapus
  11. Akabri tu jaman dulu sekarang AKPOL...
    kalau s1 wajib masuk ke AKPOL kalau mau jadi polisi karena kalau masuk dari SEBA (sekolah calon Bintara) sudah kelebihan umur maksimal...Lulus Akpol langsung dapat pangkat IPDA, dan kalau beruntung sudah mendapatkan jabatan setara Panit.dan kalau berdedikasi baik dalam melaksanakan tugas ada kekesmpatan untuk menjadi KAPOLRI dengan pangkat JENDRAL

    Kalau Masuk Dari SMA itu Masuk Dari SEBA . Dan setelah Lulus Langsung berpangkat Brigadir Dua, dan tidak memiliki jabatan, biasanya ditugaskan di UNIT samapta (sabhara) pengamanan untuk Huru Hara.

    kalau untuk kenaikan pangkat kalau ada yg sesuai dengan tahunnya, biasanya $ tahun , n ada yg di percepat karena dedikasi bagus, dan ada yang di tunda karena melakukan kesalahan...

    kalau mau lebih jelas sedikit info kepolisian,
    di Facebook : nick name : Ichsan Armand Harahap

    atau http://facebook.com/IchsanArmand

    BalasHapus
    Balasan
    1. pangkat bhayangkaranya kurang itu, karena pangkat itu msih di pakai untuk kepolisian brimob.

      Hapus
  12. Kl menurut qw masih ad pangkat yang lebih tinggi dari JENDRAL, dan anggota bhayangkara harus sadar itu. Pangkat itu adalah PENSIUN, dan setelah itu tinggal nunggu koitnya. Sukur-sukur segala amal perbuatannya diterima oleh Tuhan YME. Soalnya kebanyakan POLISI banyak makan uang HARAM. Ingaat, Ingat, Ingat

    BalasHapus
  13. Kalo siku 5, apa tuh? Kalo bisa ada gambarnya mas/mba. Terima kasih.

    BalasHapus