01 Juli 2009

Apa itu PayPal ?


Mungkin sudah pada denger PayPal... Kita sering lihat di web yang kita kunjungi ada logo PayPal nya terutama di web-web yang menjual produk atau jasa. Di ebay.com, amazon.com, iTunes store dan web store lainnya. Sebenernya apa sih Paypal itu ? Paypal adalah alat pembayaran yang sah secara online. Dengan Paypal kita dapat menerima atau mengirim uang secara online dengan cepat.

Sesuai dengan slogannya fast, easy and secure. Fast, sudah pasti cepat karena kita mengirim dan menerima secara online, kita dapat menerima dan mengirim uang ke orang/perusahaan yang mempunyai rekening Paypal dengan cepat.
Easy, Paypal sangat mudah digunakan karena kita cukup tau alamat email si penerima uang nanti. Tentunya alamat email yang digunakan rekening Paypal.
Secure, aman karena kita tidak memasukan biodata, nomor kartu kredit, masa berlaku kartu kredit, dan lain-lain ketika kita akan membeli barang, menstransfer uang. Bandingkan jika kita berbelanja dengan kartu kredit, setiap kita belanja online di toko yang berbeda pastinya kita akan memberikan/mengisikan biodata dan nomor kartu kredit, ini sangat rentan karena data kita dapat dicuri orang (phishing)

Sejarah singkat Paypal


Paypal itu berdiri pada tahun 1998 atas ide sangat jenius oleh Peter Andreas Thiel dan Max Leuchin... awalnya sih mempunyai nama X.com yaitu web yang menyediakan jasa perencanaan dan keuangan. Karena semakin larisnya X.com maka namanya diganti dengan Paypal.com dan pada tahun 2002 Paypal dibeli eBay dengan harga US$ 1.5 Milyar. Sampai saat ini Paypal menjadi alat pembayaran alternatif yang paling digemari dibanding kartu kredit.

Setelah eBay membeli Paypal maka kolaborasi keduanya membuat bisnis online menjadi mudah, ditambah fitur pada Paypal saat ini semakin banyak. Sebenarnya bisnis jasa pembayaran seperti Paypal ini banyak seperti c2it miliknya Citibank tapi tutup tahun 2003, Yahoo Paydirect yaitu kerjasama antara Yahoo dan HSBC tapi tutup tahun 2004, BidPay miliknya Western Union tapi tutup tahun 2006.

Artikel Terkait :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar