20 Mei 2009

1Password, management password di leopard

Ada satu Aplikasi yang keren banget namanya 1Password. Aplikasi untuk mengatur dan menyimpan semua Password sehingga kita tidak perlu mengingat semua Password yang kita punya. Bahkan kita tidak perlu lagi mengetik Password untuk menggunakannya. Aplikasi yang dibandrol dengan harga $39.95 untuk 1 lisenssi dan $65.95 untuk family lisensi ini telah mendapat 15 awards sebagai aplikasi Password yang terbaik untuk Mac OS.
1Password dapat diandalkan karena semua Password kita yang tersimpan didalamnya mempunyai kekuatan 128 bit ter-Enkripsi sehingga sangat sulit untuk ditembus dan membutuhkan jutaan tahun untuk meng-hack dengan Brute Force Attack. 1Password menggunakan model Enkripsi AES yaitu model Enkripsi yang sama dengan model Algoritma Ekripsi Nasional Amerika.

Yang sudah didukung oleh 1Password

Hampir semua browser sudah didukung dan terintegrasi dengan 1Password ( Safari, firefox, Camino, Fluid, Flock, iCab, Omniweb, dll), hal ini memudahkan kita untuk login ke web yang membutuhkan proses login (user dan password) seperti eMail, Forum, eBay, registrasi Web, dan lain-lain. Kita tidak lagi mengetik user id dan Password untuk login.

Salah satu fasilitas Wallet dapat menyimpan data informasi Kartu Kredit sehingga jika ingin belanja online atau segala kebutuhan akan data Kartu Kredit bisa langsung Auto Fill yaitu memudahkan mengisi data Kartu Kredit tanpa mengetik di form data.

Memudahkan kita Auto Fill form registration (alamat dan informasi) yaitu data-data yang perlu di form registrasi tidak lagi kita ketik. Ini memudahkan kita kita daftar di internet jika data yang akan kita masukan sama.

1Password dapat sinkronisasi dengan iPhone/iPod touch dan Palm yaitu dapat Ekspor Impor Password ke gadget dengan aman.

Prasyarat :

  • 1Password hanya berjalan di Tiger 10.4.x dan Leopard 10.5.x
  • Untuk Sinkronisasi dengan iPhone/iPod touch minimal dengan Firmware 2.0
  • Source instalan 1Password .dmg beserata nomor lisensinya. Banyak versi, saat artikel ini ditulis versi terbaru masih 2.9.15. Untuk versi 2.9.13 atau terbaru sudah support untuk Safari 4.

Cara instalasi :

untuk artikel ini digunakan 1Password versi 2.9.13

Setelah download source berupa .dmg klik dua kali untuk melakukan mounted

  • Drag 1Password ke Folder Applications
  • Masuk ke Applications dan klik ikon 1Password untuk menjalakannya
  • Sebelum memasukan lisensi, kita belum dapat menggunakan 1Password untuk itu masuk ke Licenses
Di menu Licenses, tekan tombol Add untuk menambahkan lisensi kita. Isi Name dan Key.
Setelah ini kita diminta memasukan master password yaitu password yang nanti untuk membuka/menjalankan/mengakses 1Password. Pastikan kita mebuat password yang sangat kuat untuk ini sebab nanti 1Password ini berisi data dan password penting kita. Disarankan 8 digit dan penuh variasi karakter, nantinya passsword ini akan dienkripsi dan disimpan dalam bentuk keychain.

Memulai 1Password

Selamat ! Kita baru saja selesai instal dan menu yang tampil pertama adalah seperti gambar di bawah ini. Fungsi bagian-bagian dan tool-tool yang ada di 1Password sebagai berikut :

Lock : untuk membuka dan mengunci 1Password. Fungsinya untuk dapat menggunakan 1Password tentunya kita harus memasukan master password yang kita buat saat instal.
  • Wallet item : tempat menyimpan informasi-informasi penting seperti data account bank, credit card, password instan messenger, password FTP, password iTunes, password ISP, password SIM, serial number, lisensi software, dll. Ini memudahkan kita jika akan menggunakannya sebab 1Password akan membantunya.
  • Secure note : membuat catatan penting
  • Identity : tempat menyimpan data-data form isian untuk registrasi email, forum, ebay, dll
  • Password : untuk membuat berbagai kekuatan password dan enkripsi.
  • Palm : untuk melakukan sinkronisasi dengan Palm PDA
  • iPhone : untuk melakukan sinkronisasi dengan iPhone
  • Login : berisi semua rekaman user id dan password untuk login ke web yang kita buat.
  • Folder : Kita dapat membuat folder-folder password berdasarkan kelompok tertentu.

Cara membuat login ke email, forum, dll

  • Masuk ke salah satu Web eMail, saya hanya mencontohkan satu saja sebab selanjut kamu bisa mencobanya sendiri.

  • Ketik Username dan Password tapi jangan klik tombol Login dulu.
  • Di menu bar Browser kita klik tombol yang bertandakan 1P dan pilih Save Login, secara otomatis user ID dan Password untuk Gmail akan tersimpan oleh 1Password. Langkah ini bisa diulang di Webmail, Forum, facebook, Friendster, twitter, dll. Beri nama, di contoh saya beri nama Gmail Login
  • Cara menggunakannya sangat mudah. Buka browser, jika belum masuk ke webnya Gmail kita bisa langsung klik tombol 1P, Go and Fill login, Gmail Login.
Secara otomatis kita masuk ke gmail tanpa mengetikan Username dan Password kita.
  • Jika kita sudah masuk ke Gmail.com tapi belum mengetikan Username dan Password, klik tombol 1P, Fill Gmail Login.

Cara mengelompokkan Auto Login dengan Folder

Agar memudahkan kita memilih web untuk login lebih baik dikelompokan berdasarkan jenis webnya, misal web forum, web mail, web komunitas, dll.

  • Pada menu folder sebelah kiri ada tanda + untuk menambah folder dan tanda – untuk menghapus folder. Klik lah tombol + untuk menambah folder setelah itu isi nama folder yang nantinya berisi web-web untuk login.
Kita juga dapat membuat cabang dari folder (folder dalam folder), caranya klik folder yang sudah kita buat kemudian klik tombol [+] untuk menambahkan folder di dalamnya.Fungsi dari conceal password
Secara default password-password kita akan terlihat dalam bentuk digit yang asli berupa Alphabet, angka maupun Karakter. Kita dapat menyembunyikannya dalam bentuk bullet. Yaitu dengan cara :
  • Di menu bar klik view dan pilih conceal password (centang), maka password secara otomatis akan berubah menjadi bullet.
Jika suatu saat kita ingin melihat password yang asli kita tinggal menghilangkan centang di conceal password tadi.

Membuat isian form register

Jika akan daftar ke WebMail, Forum, dan lain-lain biasanya kita akan dihadapkan mengisi biodata lengkap mulai dari nama depan, nama belakang, jenis kelamin dan seterusnya. Form itu tidak jauh beda dari web satu dan web lainnya. Dengan 1Password dapat memudahkan kita untuk tidak mengulang mengisi biodata kita, cuma buat sekali dan selanjutnya dapat dipakai secara Autofill. Caranya :

  • Klik ikon identity kemudian isi semua datanya
Klik tombol save di bawah untuk menyimpannya. Kita dapat membuat beberapa form dengan isian berbeda-beda, tinggal klik lagi ikon identity.
  • Untuk mecobanya, masuk saja ke yahoo.com kemudian sign up untk membuat email baru, jika sudah muncul form register tinggal auto fill dari 1Password.

Membuat data credit card/data bank.

Yang sering berbelanja online (eBay, Amazon, Apple Store, atau Online Store lainnya) pasti kita akan menggunakan data Credit Card yang harus diisikan saat akan membayar item yang kita beli. Tentunya bosan bila kita selalu mengisi data itu. 1Password memberi kemudahan untuk ini, tentunya aman sebab data pada 1Password tidak masuk dalam clipboard. Caranya :

  • Di menu atau di Tool Bar klik ikon bergambar Wallet item
  • Di Financial Information, klik sampai terbuka daftar Credit Card
Pilih credit card dan isi semua data yang diperlukan dan klik tombol save untuk menyimpannya.
Selamat kamu sudah membuat, suatu saat kita mau menggunakannya tinggal Autofill dari 1Password.
Keren !!! Kamu bisa mencoba yang lainnya seperti membuat Username dan Password utk Chating seperti Yahoo Messenger, Adium, iTunes, dll. Sekarang kamu tidak perlu mengingat semua Password yang ngejelimet itu, sepanjang dan serumit apapun Password kita akan terbantu dengan 1Password ini.

Kemudian agar tidak was-was jika suatu saat aplikasi ini error (jarang terjadi), semua data yang ada di 1Password dapat dibackup/impor/ekspor.

Artikel Terkait :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar