30 April 2008

Bedanya jailbreaking dan unlocking

Sering dengar deh pastinya istilah jailbreaking dan unlocking di iphone. Apa sih bedanya ? Emang beda yah ? La iya lah.. masa la iya dong.. hehe. Dari katanya aja udah beda, pasti artinya juga beda. Yang punya iPhone dan iPod touch mau gak mau pasti berhadapan dengan dua istilah ini...

Jailbreak, adalah cara membuka proteksi media penyimpanan pada iPhone. Saat kita membeli iphone/ipod touch baru kita belum bisa menambah, menginstal, memodifikasi aplikasi/games di/ke dalam media penyimpanan iphone sebab secara pabrikasi media penyimpanannya diprotek. Nah kegiatan untuk memaksa membuka proteksi ini disebut dengan jailbreaking.

Sedangkan unlock, adalah cara membuka carier operator iphone sehingga iphone dapat digunakan oleh operator selular (provider selular)di seluruh dunia. iPhone saat diperkenal di USA dijual satu paket dengan salah satu operator selular disana yaitu AT&T. Nah agar si iphone dapat menggunakan sim selular, operator GMS selain AT&T perlu di unlock. Proses unlock ini membuka carier si iphone agar dapat dipakai secara global.

hehe mudah-mudahan gak tertukar lagi ya dua istalah di atas...

Artikel Terkait :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar