11 Agustus 2009

Cara menghemat batere iPhone

Batere iPhone yang penuh dengan aplikasi memang akan boros, apalagi kita tidak tahu cara menggunakan iPhone dan cara me-refreshnya. Bisa-bisa 2 kali sehari kita selalung-charge baterenya. Jika tidak di-respring dan di-refresh banyak aplikasi yang sebenarnya masih running dibelakang OSnya. Memory akan termakan dan batere akan tersedot terus.

Perlu banget deh kayanya kita menghemat batere iphone agar kita dapat menggunakan iphone lebih lama. Sebenernya batere iphone itu lumayan tahan lama jika dibanding ponsel lain tapi kita harus tahu tips cara menghematnya.

Ini spesifikasi batere iPhone 2G, 3G dan 3Gs dengan kondisi normal

Batere iPhone 2G ( 4GB, 8GB, 16GB)
Voice : 8 jam
Standby : 250 jam
browsing : 5 jam
Video playback : 7 jam
Audio playback : 24 jam

Batere iPhone 3G (8GB, 16GB)
Voice : 10 jam
Standby : 300 jam
browsing menggunakan wifi : 6 jam
Video playback : 7 jam
Audio playback : 24 jam

Batere iPhone 3Gs (16GB, 32GB)
Voice : 12 jam
Standby : 300 jam
browsing menggunakan wifi : 9 jam
Video playback : 8 jam
Audio playback : 24 jam
Photobucket

Ini cara menghemat batere iphone :
  • Pastikan firmware kita selalu diupdate karena setiap update firmware dan OS biasanya disertai patch untuk membenahi power iPhone.
  • Meminimisasi penggunaan location services : aplikasi seperti penunjukan locasi dan maps itu dapat menguras batere. Jadi lebih baik dimatikan saja kalau memang gak perlu. Caranya masuk ke Settings > General > Location Services dan non-aktifkan jika tidak perlu
  • Matikan push notification : Jika kita jarang mengecek email, messenger, facebook, dll yang sifatnya selalu direfresh untuk mengecek apakah ada yang masuk atau tidak. Justru, ini dapat menguras batere. Cara menonaktifkannya kita masuk ke Settings > Notifications dan set Notifications menjadi Off.
  • Matikan push email : matikan push email yaitu pemberitahuan jika ada email yang masuk. Jika kita tidak sedang menunggu email yang penting lebih baik dimatikan saja. Settings > Mail, Contacts, Calendars > Fetch New Data dan set Push menjadi Off.
  • Matikan wifi : jika wifi tidak dipakai lebih baik dimatikan sebab jika tetap hidup dia akan selalu mencari sinyal wifi secara terus-menerus, dan ini dapat menguras batere.
  • Matikan bluetooth : matikan fasilitas bluetooth jika tidak digunakan. Masuk ke Settings > Wi-Fi dan seting Wi-Fi menjadi Off.
  • Matikan EQ : jika kita mengunakan iPodnya iPhone dan palyback menggunakan EQ dapat menguras batere. Jadi lebih baik matikan jika kita tidak terlalu membutuhkannya kecuali memang kita sedang menggunakan ipod untuk konser dll. Settings > iPod > EQ dan atur menjadi Off.
  • Matikan 3G : Jika kita tidak menggunakan internet, dan lain-lain yang membutuhkan akses cepat lebih baik fasilitas 3G dimatikan saja, cukup kita menggunakan GPRS saja dan layanan biasa jika hanya utk menerima sms dan menelpon. Settings > General > Network dan atur 3G menjadi off.
  • Atur tingkat terang cahaya layar iphone (brightness): terang redupnya layar iPhone dapat mempengaruhi penggunaan batere, jika lebih redup tentunya akan menghemat batere. Go to Settings > Brightness dan atur tingkat terang cahaya iphone dengan cara menggeser kekiri untuk meredupkan dari keadaan awal.
  • Matikan proses-proses aplikasi yang sedang jalan. Caranya adalah dengan menekan tombol power sampai muncul tulisan ‘ slide to power off’ setelah itu tekan tombol home selama 6-8 detik.
  • Atur menjadi sleep jika iphone tidak digunakan. Cukup tekan power off/wake up sekali saja.
Cara selanjutnya (yang wajib diinstall di iPhone) :

- install SBSettings (tutorialnya ada di artikel saya).. aplikasi ini sangat membantu kita untuk melakukan refresh dan respring..

- sering melakukan refresh dengan cara tekan tombol poweroff selama 3 detik sampai muncul 'slide to ppwer off'.. kemudian tekan home bottom selama 6 detik sampai tulisan 'slide to poweroffnya hilang'...

Artikel Terkait :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar