30 Juni 2009

Memelihara touchpad/trackpad

Touchpad mempunyai peran penting pada laptop karena sebagai sensor pointing. Ada beberapa laptop/notebook masih menyertakan pointing stick, biasanya pointing stick berada di keyboard/papan ketik laptop (di antara tombol G, H, dan B) tapi untuk jenis laptop yg baru (dual core, core 2 duo) sudah mulai dihilangkan.
Ada beberapa tips agara touchpad awet :
  • usahakan jari2 kita dalam keadaan kering. Bila tangan dan jari2 kita sering berkeringat lap lah dan sediakan tisu utk sesekali me-lap jari2. Sebab keringat mengandung garam sehingga akan mengurangi sensitivitas touchpad.
  • jangan menyentuh touchpad jika jari2 berminyak (biasanya lupa kalo setelah makan gorengan, dll), karena minyak akan merubah warna dr touchpad dan akan mengurangi senstivitas touchpad.
  • gunakan mouse usb/serial jika pekerjaan kita membutuhan pergerakan pointer panah dan berpindah2 cepat dengan mouse maka penggunaan touchpad berkurang.
  • non aktif kan atau jangan sering menggunakan fungi klik di touchpad. Lebih baik gunakan tombol yang sudah disiapkan touchpad button (right or left click).
  • setiap sehabis dipakai, lap lah touchpad dengan tisu. Jangan gunakan lap kasar atau basah.

Artikel Terkait :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar