30 Juni 2009

Batere laptop di-refill?

Sekarang bukan hanya tinta printer yang bisa di-refill (diisi ulang) tapi batere laptop pun dapat diisi ulang. Karena mahalnya batere laptop yang baru maka ada cara untuk menyelamatkan batere kita yang soak (alias nge-drop). Bayangkan jika kita harus membeli batere baru yang harganya dari 900 ribu sampai 1,2 juta-an, tentu berat bukan? Untuk mengakalinya adalah dengan cara refill. Harga me-refill bisa sampai sepertiga dari harga baru, tentunya menghemat kocek kantong kita. Dan tentunya kualitas dari refill-an tidak kalah dengan batere baru.

Apa itu refill batere ? Refill batere adalah memperbaiki batere dengan cara mengganti cell/isi laptop yang lama dengan cell yang baru, tentunya dengan cara membongkarnya. Tidak semua batere laptop dapat di-refill, biasanya jika board circuit baterenya rusak maka refill tdk dpt dilakukan.
Ciri-ciri batere yg msh dapt di-refill :

  1. batere anda msh bisa bertahan beberapa menit;
  2. board circuit tidak rusak, cara mengetahui circuit tidak rusak adalah bila saat kita men-charge batere maka lampu indikator masih menyala (indikator kuning, orange, hijau). Jika sama sekali tdk menyala berarti tidak dapat di-refill.
  3. cell batere lithium-ion laptop kita mudah di pasaran, sebab ada beberapa cell yang khusus dan susah mencari sparepart cell nya di Indonesia.
Kerugian refill :
  • batere tidak original sebab dibongkar dan diganti isi cell dalam batere. Kondisi batere ada bekas lem karena sudah dibongkar.
  • jika refill tidak berhasil dilakukan (jarang terjadi) maka batere akan rusak permanen
  • ada kasus walau jarang, indikator batere dilaptop tidak berfungsi seperti biasanya. Ini biasanya circuit rusak.
Keuntungan refill:
  • batere akan kembali normal walau tidak 100% sperti baru, maksimal yang pernah berhasil adalah 90.5%
  • menghemat biaya jika harus membeli batere baru
  • jika batere belum dan jarang di pasaran maka akan membantu sekali utk memulihkan fungsi baterenya.
Dimana tempat refill batere ?

Beberapa tempat service ini ada di Harco Mangga Dua atau di Mall Mangga Dua (Dusit Mangga Dua) Jakarta

Artikel Terkait :



2 komentar:

  1. bro, baterai mbp emg bisa jg direfill? dimana tepatnya alamat toko yg bs refill baterai mac? trus bs ditunggu ga prosesnya, ada garansi u/ servicenya?

    thx a lot bro

    BalasHapus
  2. good your information

    BalasHapus