05 Desember 2008

Mac sering mati mendadak

Pernah ngalami atau malah mac nya saat ini sering mati mendadak ? Pasti ada masalah dengan iBook, Powerbook, Macbook, Macbook Pro kita. Saya akan berbagi cara mengatasinya, ya pengalaman pribadi dan dari mac teman-teman yang pernah saya service mengalami gejala seperti ini.


Perkiraan pertama :

Kemungkinan kipasnya kotor dan tidak berputar normal. Biasanya si mac masih sempat boot dan masuk desktop tapi lama-kelamaan mac jadi lambat, hang.. atau malah mati mendadak. Jika gejalanya seperti ini coba instal aplikasi untuk memeriksa putaran kipas seperti SMC fan controller, iStat/pro, dan lain-lain. Coba deh lihat/ukur apakah putaran kipas itu, aapakah menunjukkan nilai sangat kecil yaitu dibawah 100 rpm (radius per minute) atau 0 (nol) rpm kalau ya berrti kipas itu kotor atau mati sama sekali.
solusi : bongkar dan bersihkan. Atau ganti dengan yang baru.

Perkiraan kedua :

Apakah batere drop ? Jika batere drop dan habis mendadak dapat juga menyebabkan mac kita mati mendadak tanpa sleep dan tanpa pesan bahwa batere sudah mau habis. Jika batere cepat habis tapi tidak drop biasanya masih ada pesan pada mac kita bahwa betere sudah habis.
solusi : coba sumber listrik kita ambil langsung dari charger, jika masih mati berarti kita tetap pada perkiraan pertama. Dan jika memakai charger si mac gak mati berarti batere kita yg harus diganti.

Perkiraan ketiga :

overheating karena sensor heatsink sudah mati dan tidak memberikan sinyal otomatis ke pada logicboard untuk mempercepat putaran kipas.
solusi : perkiraan ketiga ini hanya dapat kita buktikan dengan mengganti dengan heatsink yang lain. Jika memang benar, segera ganti heatsink.

Perkiraan keempat :

Logicboard. Kemungkinan terakhir adalah rusaknya power board yang ada di logicboard. Untuk mac yang masih bermesin PPC, powerboard ini terpisah dengan logicboard jadi bisa diganti-ganti kalau rusak. Tapi untuk mac generasi intel semuanya menjadi satu jadi kalau bagian power boardnya rusak berarti kita harus mengganti logicboard keseluruhan.

Artikel Terkait :



14 komentar:

  1. mau tanya, macbook pro saya, waktu connect ke ipod nano. tiba-tiba mati total (waktu itu dalam keadaan baterai drop). Setelah itu tidak bisa hidup meskipun sudah di tekan power on. lampu hijau indikator cash juga tidak terang. Bagaimana caranya menghidupkan macbook pro saya lagi?

    BalasHapus
  2. sama seperti saya bro. awalnya makboknya normal,tapi dikarenakan sy coba reset lock nya, saat itu aku coba nyalakan tapi uda ngga mau nyala, bahkan indikator chargernya uda ngga mau nyala, saya coba lakukan dengan berbagai kemungkinan dengan mengecek kondisi charger dengan mengukur tegangan inputnya tdk ada kendala, tapi waktu sy coba ukur tegangan di konektor batreinya suplay arus hanya 6v, bagi yang bisa kasi solusi tolong saran nya

    BalasHapus
  3. Mas imac saya tiba2 mati. Terus pas dicas lampu yg ada dikabel cas Nya Itu kedap kedip, itu normal apa gimana ya? Thankyou

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kondisinya sama punya saya, apa kamu sudah ada solusinya, kalau ada tolong dong kasih tau juga :(

      Hapus
  4. Macbook saya tiba tiba mati mendadak kalo saya lepas kabel chargenya langsung dan bisa mendadak nyala.

    BalasHapus
  5. terima kasih atas info nya

    BalasHapus
  6. Macbook saya tiba2 mati mendadak pas saya colokin kabel chargeran ke macbook saya:( itu kenapa ya mas? Batrenya full kok tadinya tp tiba2 mati trus saya colokin casan macbooknya juga ga nyala2 lampu di casannya.

    BalasHapus
  7. Mau tanya..tiba tiba mcbook air saya tidak bisa nyala setelah di restart.
    ada penyebabnya dan berapa biayanya?

    Trims atas jawabannya

    BalasHapus
  8. Macbook pro saya ketika di charger tiba-tiba mati. Trus saya diamin beberapa jam dengan cabut magsafe nya. Trus setelah itu nyala kembali, tapi aneh nya hanya nyala jika di charger, pas di cabut charger macbook mati lagi. Itu kenapa yaaa?? Terima kasih, mohon bantuannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Batrenya kayaknya rusak mas, Mac saya juga begitu kalau mau digunakan harus sambil ngecharg

      Hapus
  9. Assalamualaikum, mau tanya kemarin Mac saya bia?kan menyala dari pagi sampai malam . malamnya baru data mau pake, brapa knit kmudian langsung mati, yaudah trust sya Coba nyalain paginya, loading launch belum selesai tiba2 Mari lag I.
    Mohon solusinya bagi yang tau.
    Terimakasih

    BalasHapus
  10. Macbook Pro Retina 15 inci A1398 kipas bising dan bersuara keras http://zapplerepair.com/Macbook-Pro-Retina-15-inci-A1398-kipas-bising-bersuara-keras.html

    BalasHapus
  11. Min imac saya tiba2 mati..sebelumnya msih dalam keadaan hidup..sempat saya pke browsing..saya tinggal sebentar ehh malah gk mau hidup..itu masalahnya apa ya min?

    BalasHapus